Popular Post

Posted by : Unknown Selasa, 23 April 2013

Kelompok Remaja
               Ketika kita remaja, kita mungkin menjadi anggota kelompok formal ataupun kelompok informal. Contoh kelompok formal adalah tim bola basket, pramuka, organisasi siswa dsb. Sedangkan contoh kelompok informal dapat meliputi kelompok kawan sebaya.
Fungsi dan pembentukan kelompok
               Kelompok apapun yang diikuti oleh remaja biasanya memiliki 2 hal yang secara umum juga dimiliki oleh kelompok-kelompok lainnya: norma dan peran.
               Norma (norm) adalah aturan-aturan yang diterapkan ke semua anggota dari sebuah kelompok. Misalnya sebuah kelompok elite, mungkin menurut semua anggotanya memiliki indeks komulasi yang komulatif 3,5. Sebuah sekolah mungkin mewajibkan para siswa laki-laki memotong pendek rambutnya sedemikian rupa sehingga tidak mengenai kerah kemejanya.
               Peran (roles) adalah posisi tertentu dalam sebuah kelompok yang dibuat berdasarkan aturan-aturan dan harapan-harapan.
Kelompok di Masa Kanak-kanak dan di Masa Remaja
                 Kelompok anak-anak memiliki beberapa perbedaan penting dari kelompok remaja. Anggota dari kelompok anak-anak sering kali terdiri dari kawan-kawan atau kenalan di sekitar rumah tinggal. Kelompok anak-anak biasanya juga di kenal tidak seformal kelompok remaja. Selama masa remaja, kelompok cenderung melibatkan anggota-anggota dalam lingkup yang lebih luas; dengan kata lain, keanggotaan dalam kelompok mereka dapat melibatkan para remaja selain kawan-kawan atau kenalan di sekitar rumah tinggal.
Organisasi Pemuda
               Organisasi pemuda dapat memiliki pengaruh yang penting bagi perkembangan (Brown, 2004; Mahoney, Larson, & Eccles, 2004; Roth & Brooks-Gunn, 2003). Saat ini di Amerika Serikat terdapat sekitar 400 organisasi pemuda yang aktif beroprasi (Ericksson, 1996).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © roidatul khoiriah - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -